Wednesday 2 December 2015

Filled Under:

Sayang kenapa kau tinggalkan aku


Sayang kenapa kau tinggalkan aku

Cerita yang sering juga disebut sebagai dongeng ini amat menyenangkan untuk dibaca, cerita yang penuh dengan makna kehidupan. cerita rakyat adalah cerita pada masa lampau yang menjadi ciri khas setiap #bangsa yang memiliki kultur budaya yang beraneka ragam mencakup kekayaan budaya dan sejarah yang dimiliki masing-masing bangsa, umumnya, cerita rakyat mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal muasal suatu tempat. Sayang kenapa kau tinggalkan aku.

Tokoh-tokoh# yang dimunculkan dalam cerita rakyat secara umumnya diwujudkan dalam bentuk binatang, manusia maupun dewa. contoh cerita rakyat yaitu Roro Jonggrang, Timun Mas, Si Pitung, Legenda Danau Toba, dan ber-Ibu Kandung Seekor Kucing merupakan sederetan cerita rakyat yang ada di Indonesia. Masih banyak sederetan cerita rakyat yang memang diperuntukkan bagi anak-anak. Sayang kenapa kau tinggalkan aku.

Cerita rakyat alam gaib. cerita rakyat ini biasanya berbentuk kisah yang dianggap benar-benar terjadi dan pernah dialami seseorang. Fungsi legenda semacam ini adalah untuk meneguhkan kebenaran “takhyul” atau kepercayaan rakyat. Jadi, legenda alam gaib adalah cerita-cerita pengalaman seorang dengan makhluk-makhluk gaib, hantu-hantu, siluman, gejala-gejala alam gaib, dan sebagainya.Contoh legenda alam gaib misalnya, di Bogor Jawa Barat tengah ada legenda tentang mandor Kebun Raya Bogor yang hilang lenyap begitu saja sewaktu bertugas di Kebun Raya.Menurut kepercayaan penduduk setempat, hal itu disebabkan ia telah melangkahi setumpuk batu bata yang merupakan bekas-bekas pintu gerbang Kerajaan Pajajaran. Sayang kenapa kau tinggalkan aku , Pintu gerbang itu, menurut kepercayaan penduduk setempat, terletak di salah satu tempat di kebun raya. Tepatnya tidak ada yang mengetahui. Oleh kerana, penduduk disana menasihati para pengunjung Kebun Raya, agar jangan melangkahi tempat antara tumpukan-tumpukan batu bata tua, karena ada kemungkinan bahawa di sanalah bekas pintu# gerbang kerajaan zaman dahulu itu. Jika kita melanggarnya, maka kita akan masuk ke daerah gaib dan tidak dapat pulang lagi ke dunia nyata.




0 comments:

Post a Comment